Writing Tips

MAU NULIS APA?

“Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on.” — Louis L’Amour

Untuk bisa menulis, ada satu syaratnya. Anda harus tertarik dan penasaran untuk mencoba membuat tulisan. Tidak harus muluk, ingin jadi penulis. Jangan pernah membandingkan, aku tidak bisa, si anu kok bisa. Tulisanku tidak bagus, kok tulisan dia bisa hebat. Berangkatlah dari keinginan diri Anda sendiri, bahwa Anda penasaran ingin belajar menulis.

Semua harus berangkat dari keinginan diri Anda. Keinginan itu tidak harus yang wow dulu. Bisa saja Anda termotivasi menulis karena rasa penasaran. Bisa juga karena Anda ingin mencoba membuat tulisan terstruktur. Atau, bahkan karena Anda ingin menjadi penulis atau pengarang besar. No problem. Apapun keinginan Anda, bangunlah itu sebagai spirit yang mendorong untuk terus mencoba.

Mulailah menulis. Jangan berpikir soal bagus atau jelek. Tidak peduli apapun yang terjadi, teruslah mencoba menuliskan sesuatu. Air tidak bakal mengalir kalau kerannya tidak dibuka. Maka, bukalah keran spirit, pikiran, budi, dan rasa penasaran Anda. Mulailah menuliskan apa pun yang membuat Anda tertarik.

Jika keinginan sudah ada, maka Anda akan bertanya, mau nulis apa, ya? Berangkatlah dari hal-hal yang menyenangkan, yang Anda sukai. Paling mudah berangkatlah dari bidang yang paling Anda sukai atau hobi Anda. Hobi Anda misalnya membaca, bermain musik, mendengarkan lagu, menyanyi, berolahraga, berkebun, memasak, berpetualang, berwisata kuliner, pergi ke museum, melukis, menggambar, atau bahkan menggosip. Bidang keilmuan juga bisa menjadi ketertarikan Anda. Misalnya, biologi, fisika, kimia, arsitektur, ekonomi, manajemen, bimbingan konseling, pendidikan, komunikasi, pemograman, teknik sipil, politik, sosial. Banyak sekali bidang keilmuan yang sebenarnya bisa menjadi awal motivasi Anda untuk menuliskannya.

Semoga paparan di atas cukup mengusik rasa penasaran Anda untuk mencoba menulis. Kalau tidak termotivasi atau ingin mencoba belajar menulis, sebaiknya Anda tidak usah membaca tulisan ini lagi. Silakan baca saja berita atau kabar kawan-kawan Anda di media sosial yang membuat Anda senang. *** (Leo Wahyudi S)

Photo credit: suzemuse.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Powered by WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: